Rabu, 15 Juni 2016

PENGARUH MEDIA KOMONIKASI DALAM PENDIDIKAN MAMPU MENUNJUKAN MANFA’AT DAN KERUGIAN MEDIA KOMONIKASI BAGI PENDIDIKAN



KATA PENGANTAR
Segala puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas Makalah  “Pengaruh Media Komonikasi Pendidikan”.
Dalam penyusunan Makalah ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan Makalah ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan teman-teman tim kelompok yang menyumbangkan semua pengetahuam dan ide ide cemerlangNya, sehingga kendala-kendala yang kami hadapi bisa terselsaikan.
Semoga Makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca. Kami sadar bahwa Makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, kepada dosen pembimbing kami meminta masukannya demi perbaikan pembuatan makalah kami di masa yang akan datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.


DAFTAR ISI
COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengaruh Positif Media Komonikasi Dalam Pendidikan
B.     Pengaruh Negatif Media Komonikasi Dalam Pendidikan
C.     Solusi Yang Tercipta
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Usul dan Saran
BAB IV DAFTAR PUSTAK


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggris ‘communication’ bersal dari bahasa Latin ‘communicatio’, bersumber dari ‘communis’ yang berarti “sama”. Sama disini adalah dalam pengertian “sama makna”. Komunikasi minimal harus mengandung “kesamaan makna” antara kedua belah pihak yang terlibat. Dikatakan “minimal’’ karena kegiatan komunikasi itu tidak bersifat “informatif” saja, yakni agar orang mengerti dan tahu, tetapi juga “persuasif” yaitu agar orang bersedia menerima suatu paham atau keyakinan, melakukan suatu kegiatan dan lain-lain.
Komunikasi secara sederhana, dapat didefinisikan sebagai proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melelui/tanpa media yang menimbulkan akibat tertentu. Kegiatan komunikasi pada prinsipnya adalah aktifitas pertukaran ide atau gagasan secara sederhana, dengan demikian kegiatan komunikasi itu dapat dipahami sebagai kegiatan penyampaian ide atau pesan arti dari suatu pihak ke pihak lain, denagn tujuan komunikasi yaitu menghasilkan kesepakatan bersama terhadap ide atau pesan yang disampaikan tersebut. Thomas M .Scheihwadel mengemukakan bahwa kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun kontak siosial dengan orang disekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berfikir, dan berperilaku seperti yang kita inginkan.
Ada sejumlah komponen penting atau unsur yang merupakan prasyarat terjadinya sebuah komunikasi. Dalam “bahasa komunikasi’’ komponen-komponen tersebut meliputi:
1.      Komunikator, orang yang menyampaikan pesan
2.      Pesan, pernyataan yang di dukung oleh lambang
3.      Komunikan, orang yang menerima pesan
4.      Media, sarana atau saluran yang mendukung pesan
5.      Efek, dampak sebagai pengaruh pesan
Setiap perilaku manusia mempunyai potensi komunikasi. Ada istilah yang sangat familier dalam dunia komunikasi yaitu “we cannot not communication”, “Kita tidak dapat tidak berkomunikasi”. Betapa tidak, komunikasi terjadi jika seseorang memberi makna pada perilaku orang lain atau perilakunya sendiri. Jadi semua perilaku kita memiliki potensi komunikasi, baik dari segi ekspresi muka, bahasa tubuh, terlebih pengucapan baik secara verbal maupun nonverbal.
B.     Rumusan Masalah
1.      Jelaskan Pengaruh Positif Media Komonikasi Pendidikan
2.      Jelaskan Pengaruh Negatif Media Komonikasi Pendidikan
3.      Solusi Yang Tercipta dalam Pengaruh Media Komonikasi Pendidikan
C.    Tujuan Penulisan
1.    Mahasiswa/i dapat menjelaskan pengaruh positif media komonikasi pendidikan
2.    Mahasiswa/i dapat menjelaskan pengaruh negatif media komonikasi pendidikan
3.  Mahasiswa/i mampu menjelaskan solusi yang tercipta dalam media komonikasi pendidikan

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengaruh Positif Media Komonikasi Media Pendidikan
Ada Beberapa dampak positif dari media Komunikasi dalam pendidikan, diantaranya yaitu :
1.   Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2.    Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.   Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan system media komonikasi pendidikan.
4.   Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan internet dan lain-lain.
5.  Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
6.   Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif  anak didik. Dalam hal ini media
Pendidikan berguna untuk :
a.      Menimbulkan kegairahan belajar.
b.  Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan  kenyataan.
c.  Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
7.  Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa.
8.   Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
9.      Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan internet dan lain-lain.
10.  Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.

B.     Pengaruh Negatif Media Komonikasi Pendidikan
Ada biaya besar yang terlibat diantara siswa miskin dan pendidikan yang dapat berakhir menjadi kerugian. Hal ini sering disebut sebagai faktor dalam kesenjangan digital. Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari Teknologi Informasi da Komunikasi dalam bidang pendidikan antara lain:
1.  Kemajuan Media Komonikasi dalam pendidikan juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.   Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.  Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.
4.     Seperti menggunakan internet untuk mencari video porno ketika menggunakan computer di sekolah.
5.   Tidak bisa menjamin efektif atau tidak nya peroses pendidikan menggunakan media komonikasi pendidikan.

C.    Soulis Yang Tercipta Dalam Komonikasi Pendidikan.
1.    Harus menggunakan media pendidikan sesuai dengan prinsip media
2.   Menggunakan media pendidikan harus sesuai dengan tujuan pembelejaran dalam dunia pendidikan.
3.     Sesuaikan dengan materi yang akan di sajikan dalam peroses pembelajaran.
4.  Harus memperhatikan kegunaan dari media yang akan di gunakan dalam peroses pembelajaran atau pendidikan


BAB III
PENUTUP
A.    Usul dan Saran
Dari materi makalah kami di atas kami dapat mengambil kesimpulan bahwa, efek positif dan efek negative dari system media komonikasi pendidikan sangat banyak sekali dan berbagia macam cara untuk memberikan dan mengatasi masalah atau dampak buruk dari system media komonikasi ini, namun jika kita melihat dari sudut pandang positif media komonikasi ini sangat banyak membawa dampak positif untuk kita semua khusus nya di dalam dunia pendidikan.
A.    Usul dan saran
Kami sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, kepada pembaca makalah, kami meminta usulan dan sarannya demi perbaikan pembuatan makalah kami di masa yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar